Sabtu, 01 Juni 2013

Seribu kata untuk TPB Bisa!

#Episode Asrama

Yap, TPB adalah tingkat persiapan bersama, tingkat satunya di IPB. Katanya tujuan adanya TPB itu untuk menyamaratakan pendidikan SMA, karena anak-anak yang diterima di IPB itu dari seluruh Indonesia, dari kota sampai pelosok desa, dari yang pada bawa mobil sampe yang masih pake tas dari karung goni ada di sini! Wow!
Ini kampus pas pertama kali tau kalo letaknya jauuuuh dari keramaian kota langsung kepikiran "beneran jadi petani nih!"
Tapi ternyataaa.. aku rasa ini baru yang namanya modern, canggih tapi gak glamour. Mantap!
Ahhhh.. setahun laluuuu.
"Bu, Alhamdulillah zethy ga lulus SNMPTN tulis :'( UI tertunda, surabaya gak jadi."
"Yaudah gpp, mungkin ada jalan yang lebih baik.."
--Beberapa minggu kemudian--
Zethy: "Liat pengumuman UI dulu apa IPB dulu?"
Ibu : "Yang mana aja, hasilnya pasti yang terbaik"
Zethy: "Buuuu.. alhamdulillah UI gaak jadiii :'((((( *Banjir
--Beberapa jam kemudian--
Zethy: (Gemetar) "Alhamdulillah IPB bu :')"
         * flashback waktu tes UTM, hmm asrama ya? hmm tempatnya jauh dari stasiun ya? hmmm..
Astaghfirullah.. pikiran itu tak terbukti sama sekali setelah setahun disini
Semua benar-benar berbeda..

-ASRAMA-
Terngiang kata-kata.."Kita akan dipertemukan dengan orang-orang yang sama dengan kita kok, kalau kita baik, insyaAllah teman-teman kita nanti juga adalah orang-orang yang baik" ... itu menggugurkan ketakutan ku saat pertama kali memasuki gerbang Asrama.
Oke, Asrama Gedung A3. Lorong 7. Kamar 363B.
Pertama kali, Hanyfa berbaik hati mengantarkan aku sampe ke kamar, meskipun ternyata kamar yang aku masukin pertama kali salah. Haha
Ternyata kamar 363 itu ada A B. Dan aku malah masuk ke kamar 363A, pertama kali aku kenal sama Shelvy. Terus aku ke bawah lagi nganter ayah. Eh pas ke atas lagi Shelvy bilang "Hmm, kamu kamar 363B ya? ini 363A. kamar kamu yang di depan, ini nih teman sekamar kamu."
"Hei.. Kenalin Rindy.. tapi aku ada kuliah, gpp ya ditinggal.."
"Hoo, oke. iya gpp.." dan akhirnya aku harus memindahkan barang-barangku ke kamar dengan no 363B.
Gak lama kemudian pas aku lagi duduk di kursi belajar datanglah teman kamarku yang satu lagi, dengan napas terengah-engah dia masuk dan menyapa.. "Eh, hoo kamar disini ya? Ni'am" (sambil salaman) "Zethy.."
"Aku keluar dulu yaa.." Ni'am pun berlalu..
"Yahh daripada sendiri mending aku keluar, liat-liat lingkungan di IPB, kebetulan Azizah ngajak nyari bukaan di bara *kobernya IPB
Eh pulang-pulang kamarku udah rame aja..
"Halooo.. selamat datang di 363B!"
"Eh iyaa.. makasi" *dengan muka bingung karena ada 6 orang di kamar (Rindy, Ni'am, Tiara, Liza, Shelvy dan Nadhila)
--Sepuluh hari pertama di Asrama
Hari-hari awal ku disini aku jalani dengan penuh adaptasi. Satu kamar berempat dengan orang yang belum pernah kamu kenal sebelumnya sama sekali, tidur di ranjang bertingkat, kamar mandi yang hmmm, tiap pagi ada apel, aturan piket lorong, soga lorong, soga gedung, ngalong, ngadung, jam malam, GDA dan SR!
Lama-kelamaan aku terbiasa dan merasa butuh dengan segala aturan disini. Aturan yang membuat sikap toleransi kita semakin berkembang, karena semua orang baru yang aku temui disini juga berasal dari daerah yang baru yang tentunya punya budaya dan latar belakang yang berbeda, belajar saling menghargai dan tolong menolong, belajar untuk lebih disiplin dan peka terhadap lingkungan.
10 Karakter Insan Asrama 
1.Taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
2. Jujur, santun, dan berakhlak mulia
3. Sehat jasmani dan ruhani
4. Berwawasan luas
5. Produktif dan Prestatif
6. Toleransi dan Mampu mengendalikan diri
7. Patriotis, disiplin, dan bertanggung jawab
8. Teratur dalam segala urusan
9. Hidup mandiri dan Mampu bekerja sama
        10. Peduli dan Bermanfaat bagi sesama

--Ini akaaan sangaaat berguna :')
Gak cuma soal melatih diri menjadi lebih baik, tapi juga ada keseruan yang tak bisa digantikan dengan apa pun.
Rindy yang asalnya dari Medan
Niam yang asalnya dari Rembang
Tiara yang asalnya dari Sukabumi
Kaliaaaaan.....................................
ada juga Shelvy dan Arin yang setia meramaikan kamar 363B ini, Oh! Pipit *ya ampun hampir lupa. maaf ya pit :V Pipit juga bagian dari 363B, karena selama satu semester pipit tidur di kamar 363B, lalu pas semester dua Pipit melalang buana sampai akhirnya dia lebih betah tinggal di kontrakan.

Kisah para penghuni kocak dan solid 363B gak ada abisnya kalo mau diceritain, tapi boleh lah sedikit berbagi keseruan meskipun hanya garis besarnya :)
Di sini, kita berempat selalu berusaha buat bisa sholat berjamaah di kamar, sampe pernah beberapa hari kamar ini jadi mushola ke dua. Subhanallah..
Kalo udah selesai sholat kadang ada aja kejadian-kejadian yang bikin kita lama buat beranjak, yang salamannya lama lah, yang tidur-tiduran dulu di atas sajadah lah, yang jedot-jedotan dulu pas lagi cipika-cipiki sampai dilanjutkan dengan mentoring dadakan..
Kalo udah deket ujian, pasti ada aja diantara kita yang kadar 'gila' nya meningkat, sampe bisa bikin kamar tetangga keganggu gara-gara kita ketawa ngakak..
Masing-masing dari kami punya cara sendiri-sendiri dalam menghadapi berbicara, dalam belajar, dalam mengahadapi masalah, dll tapi untungnya sampai detik ini kami selalu bisa bertoleransi meskipun sempat mengalami kejenuhan karena kepekaan sedang menurun, tapi itulah persahabatan sejati, diuji kesabarannya disatu sisi tapi tetap saling mengingatkan..
Ahh.. bakal kangen banget sama ocehnya Rindy yang selalu bikin kita spontan ketawa dan semangatnya untuk menjadi pribadi yang lebih baik meskipun terkadang ragu (Ayo mantapkan hati Rin! Sesungguhnya Allah lebih mengetahui :))
Ahh.. bakal kangen banget sama kegilaan tiara, sifat gak enakannya *jadi gampang kalo mau minta apa-apa sama tiara. hehe. dan semangatnya untuk berani mencoba sesuatu yang baru meskipun kadang mudah berganti (Ayo mantapkan hati Ra! Sesungguhnya Allah pasti menunjukkan jalan yang lebih baik :))
Ahh.. bakal kangen banget sama obrolan mba niam, gombalan mba niam dan semangatnya untuk terus mengembangkan potensi diri meskipun terkadang gak PD (Ayo mantapkan hati Mba! Sesungguhnya Allah akan selalu memberi pertolongan dan kekuatan)
Ahh.. bakal kangen banget sama suara dan sikap berbaginya pipit..
Ahh.. bakal kangen banget sama tausiyah dan kegigihannya shelvy..
Ahh.. bakal kangen banget sama comedi, ceplas-ceplos dan baiknya arin..

_Sisterhood forever
363B. Lorong 7. A3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar